Fakultas Ilmu Komunikasi
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta
Drs. Nur Ichwan, M.Si.
Ketua Konsentrasi Ilmu Jurnalistik
Konsentrasi Ilmu Jurnalistik
Konsentrasi Ilmu Jurnalistik memiliki visi untuk menjadi Konsentrasi Ilmu Jurnalistik Terunggul se-Indonesia. Lulusan Konsentrasi Ilmu Jurnalistik dapat mengambil peran di tiga jenis media: cetak maupun daring, televisi dan radio.
Di media cetak/daring, lulusan Konsentrasi Ilmu Jurnalistik memiliki kompetensi untuk menjadi reporter, fotografer, cameraman, layoutman, redaktur pelaksana, pemimpin redaksi, dan pemimpin perusahaan.
Lulusan Konsentrasi Ilmu Jurnalistik juga memiliki kemampuan di bidang media televisi untuk bekerja sebagai news presenter, news anchor, field reporter, news producer, TV programmer, production house staff, talent scouting, camera person, audio visual editor, dubber, TV mixer, TV switcher, floor director, dan TV news producer.
Selain itu, Konsentrasi Ilmu Jurnalistik juga membekali kemampuan pada lulusannya di bidang media radio sehingga mereka bisa menjadi radio programmer dan radio reporter.
Selama kuliah, mahasiswa diajarkan cara meliput ke lapangan, melakukan wawancara, menulis berita (spot news,reportase, investigasi), menulis feature, artikel, kolom, tajuk rencana, pojok, karikatur, serta membuat resensi. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan cara menyeleksi dan mengedit berita atau tulisan lainnya, dan diberikan kesempatan mempraktikkan ilmunya dengan Kuliah Kerja Lapangan di media massa. Di bidang media cetak, mahasiswa dibekali juga dengan kemampuan membuat tabloid, untuk kajian elektronik, mahasiswa memproduksi program acara untuk radio, televisi dan online secara berkelompok yang diproduksi di Laboratorium Jurnalistik Cetak, Laboratorium Audio dan Laboratorium Audio Video IISIP Jakarta.
Dra. Nurlina Bangun, M.Si.
Ketua Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat
Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat
Era informasi dewasa ini ditandai dengan tumbuhnya industri di segala bidang, seperti industri manufaktur, retail, perdagangan, dan perbankan yang menuntut keahlian di bidang kehumasan. Dengan demikian terbuka lapangan kerja bagi lulusan Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat.
Memiliki visi untuk menjadi Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat terunggul di Indonesia, Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat dibekali dengan kemampuan untuk menjadi corporate communication specialist, public relations manager, public relations consultant, public opinion analyst, compaign manager, community developer, public relations officer, event organizer, public speaker, dan public relations consultant dan bidang lainnya, di lembaga pemerintah maupun swasta.
Selama kuliah, mahasiswa diajarkan cara membangun hubungan baik dengan publik internal dan publik eksternal institusi, membina citra positif institusi, memiliki kemampuan menyelenggarakan berbagai kegiatan public relations seperti press tour, press conference, open house, gathering, exhibition, dan event organizer. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan menulis berita sebagai dasar pembuatan press release. Keahlian lain yang dibangun adalah kemampuan menganalisis opini publik tentang institusi sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam pembuatan kebijakan dan mengatasi krisis.
Drs. Syafril Tahar, M.Si.
Ketua Konsentrasi Manajemen Komunikasi
Konsentrasi Manajemen Komunikasi
Seiring dengan perkembangan era reformasi, berbagai Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSM), organisasi non-pemerintah (Ornop), industri barang dan jasa, membutuhkan tenaga handal yang dapat mengelola pesan komunikasi yang efektif.
Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi sebagai bagian dari Program Studi Ilmu Komunikasi merancang kurikulum yang dapat membangun kompetensi lulusan menjadi profesional yang mampu menyusun strategi komunikasi.
Lulusan dapat bekerja sebagai manajer komunikasi pada instansi pemerintah maupun swasta, konsultan komunikasi, praktisi di bidang kampanye sosial, dan bidang lainnya.
Lulusan mampu mengenali, menganalis, dan menyusun strategi komunikasi dalam menangani persoalan-persoalan sosial secara langsung, maupun dengan menggunakan media (cetak, audio, dan audio visual).
Dra. Rohmiati, M.Si.
Ketua Konsentrasi Ilmu Periklanan
Konsentrasi Ilmu Periklanan
Memiliki visi menjadi Konsentrasi Ilmu Periklanan terunggul di Indonesia, Konsentrasi Ilmu Periklanan mengajarkan mahasiswa untuk dapat memproduksi pesan yang persuasif. Lulusan dapat bekerja sebagai praktisi bidang Periklanan (account director, account manager, account executive, creative director, art director, copywriter, copy visual, lay out man, casting director talent, post-production, strategic planner, media planner, media buyer, media research, media analyst, media consultant). Bidang kerja terbuka di media massa, rumah produksi, agency periklanan, instansi pemerintah maupun swasta, yang khusus menangani periklanan, promosi, pemasaran dan komunikasi.
Untuk menjadi profesional di bidang periklanan, maka mahasiswa dibekali dengan wawasan teoritis dan keterampilan praktis, sehingga mahasiswa mampu mengenali, mengkaji dan menganalisis fenomena periklanan dan mampu mengelola kegiatan periklanan. Mahasiswa juga diberikan kesempatan mempraktikkan ilmunya antara lain dalam bidang creative pada Kuliah Kerja Lapangan di Biro Iklan untuk mengeksekusi suatu ide menjadi karya iklan. Pada bidang account, mahasiswa dibekali kemampuan mencari client, mendiskusikan brief iklan dengan client, melakukan brainstorming sampai akhirnya brief iklan disetujui client untuk dieksekusi. Pada bidang media periklanan, mahasiswa dibekali kemampuan membuat perencanaan penggunaan media.