Penerimaan Mahasiswa Baru

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

PMB IISIP Jakarta sudah ditutup.

Kontak PMB:

pmb@iisip.ac.id

Yang sering ditanyakan seputar PMB

Bagaimana cara mendaftar di IISIP Jakarta?

Untuk tahun ajaran 2020/2021, IISIP Jakarta menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru (PBM) secara daring melalui laman web pmb.iisip.ac.id atau klik tombol di atas. Calon mahasiswa diharapkan mendaftarkan melalui sistem daring yang telah kami bangun.


Apakah masih bisa mendaftar secara offline (luring)?

Calon mahasiswa diperbolehkan datang ke Kampus Tercinta IISIP Jakarta dengan memperhatikan dan melakukan protokol Covid-19 yang ketat. Namun, IISIP Jakarta tidak melakukan PMB secara luring. Apabila calon mahasiswa mendatangi Kampus Tercinta, kami akan membantu melakukan pendaftaran secara daring.


Apa yang harus saya lakukan untuk mendaftar?

  1. Membuka website pendaftaran;

  2. Mengisi data register;

  3. Menunggu email yang masuk setelah register lalu mengklik link yang kami berikan di email tersebut untuk mengisi biodata;

  4. Mengisi biodata, kemudian calon mahasiswa akan mendapatkan email tentang instruksi pembayaran dan nomor rekening khusus;

  5. Melakukan pembayaran;

  6. Setelah kami lakukan konfirmasi pembayaran ke bank, calon mahasiswa akan mendapatkan email konfirmasi pembayaran;

  7. Menunggu email tentang jadwal dan instruksi ujian masuk IISIP Jakarta;

  8. Mengikuti ujian masuk IISIP Jakarta yang terdiri dari tes akademik (S1/D3 dan S2) dan psikotes (S1/D3); lalu

  9. Menunggu hasil ujian masuk.


Saya sudah melakukan pembayaran, tetapi belum mendapatkan email konfirmasi dari IISIP Jakarta.

Setelah pembayaran, kami harus melakukan konfirmasi ke bank. Calon mahasiswa tidak perlu mengirimkan bukti bayar kepada kami, tetapi wajib menyimpan bukti bayar tersebut baik-baik. Kami butuh waktu 1–2 hari sampai kami bisa mengirimkan email konfirmasi ke calon mahasiswa. Kami memohon kesabaran para calon mahasiswa. Namun, apabila calon mahasiswa belum menerima email konfirmasi lebih dari 2 (dua) hari, silakan hubungi kami di pmb@iisip.ac.id.


Kedua orang tua saya masih ada. Apakah saya tetap harus mengisi data wali?

Ya. Calon mahasiswa harus mengisi data wali dengan memperhatikan checkbox yang ada di atas. Apabila wali sama dengan salah satu orang tua, maka beri tanda centang yang sesuai. Mohon diperhatikan bahwa calon mahasiswa harus mengisi ulang provinsi, kota/kabupaten, dan kecamatan di data wali.


Saya sudah mengklik submit saat mengisi biodata, tetapi tidak terjadi apa-apa.

Apabila calon mahasiswa telah mengklik submit tetapi tidak ada respons dari situs web PMB IISIP Jakarta, maka itu berarti calon mahasiswa belum mengisi biodata secara lengkap. Kami meminta tolong pada calon mahasiswa untuk mengecek ulang isian biodata mulai dara data diri hingga data upload; barangkali masih ada yang terlewat. Mohon diperhatikan bahwa data wali wajib diisi dalam keadaan orang tua masih hidup atau sudah meninggal.


Saya sudah mengecek ulang biodata saya dan tidak ada yang terlewat. Ketika saya submit, mengapa loading terus?

Kami mendapat laporan bahwa terjadi kendala seperti ini cukup sering. Mohon gunakan perangkat lain untuk mengisi biodata kemudian submit kembali. Apabila kendala masih terjadi, hubungi kami di pmb@iisip.ac.id.


Mengapa muncul notifikasi file tidak diterima setelah klik dubmit di biodata?

Sistem PMB daring IISIP Jakarta tidak akan menerima bentuk file selain yang telah ditetapkan. Mohon diperhatikan format file yang menjadi persyaratan di situs web PMB IISIP Jakarta.


Mengapa saya tidak diikutsertakan ke gelombang ujian terdekat?

Gelombang ujian IISIP Jakarta ditutup apabila telah memenuhi dua persyaratan: (1) jumlah pendaftar yang melakukan pembayaran telah melebih 150 orang dan (2) telah dijadwalkan ujian gelombang tersebut. Apabila syarat nomor 1 (satu) terpenuhi, IISIP Jakarta akan langsung menyelenggarakan ujian secepatnya (sekitar 2–3 hari setelah jumlah 150 dicapai). Peserta yang mendaftar di nomor urut (bukan nomor KUM) ke-151 dan seterusnya akan dialokasikan untuk gelombang selanjutnya. Hal ini juga terjadi apabila gelombang ujian telah dijadwalkan di akhir pekan. Calon mahasiswa yang melakukan pembayaran melewati pukul 14:40 WIB di hari Kamis sebelum ujian akan dialokasikan ke gelombang berikutnya.