Sambutan Rektor IISIP Jakarta Pada Upacara Bendera Memperingati Proklamasi Kemerdekaan NKRI Tanggal 17 Agustus 2017

Bapak/Ibu Dosen dan Karyawan, serta

Anak-anakku mahasiswa  IISIP Jakarta yang kami cintai,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Hari ini, tanggal 17 Agustus 2017, untuk ke-72 kalinya, seluruh bangsa Indonesia memperingati Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Proklamasi kemerdekaan negara kita tercinta ini oleh Proklamator Soekarno - Hatta, menjadi tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Penjajahan yang bertentangan dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan. Penjajahan yang menjadikan bangsa ini menjadi bangsa yang bodoh, bangsa yang miskin, bangsa yang tidak mempunyai harga diri, dan bangsa yang tidak mempunyai masa depan.

Dengan proklamasi kemerdekaan, kita bertekad untuk menjadi bangsa yang berdaulat, bangsa yang mempunyai harga diri, bangsa yang memerangi kebodohan dan kemiskinan, bangsa yang dapat mencapai masa depan yang lebih baik, bangsa yang bernaung di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

 

Bapak/Ibu Dosen dan Karyawan serta

Anak-anakku mahasiswa  IISIP Jakarta yang kami cintai,

 

Dalam mengisi kemerdekaan ini, banyak upaya yang telah dilakukan bangsa ini dalam segala bidang. Banyak hasil pembangunan yang telah kita nikmati. Namun tidak dapat kita pungkiri, masih banyak pula kegagalan kita. Faktor ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan menjadi kendala yang harus kita hadapi dan kita selesaikan.

Menghadapi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan tersebut, kita tidak boleh berputus asa. Kita harus selalu bersikap optimis. Kita harus selalu berusaha, berkreasi, bahu membahu melanjutkan pembangunan di segala bidang. Untuk itu, peran segenap komponen bangsa termasuk kita semua, dosen dan karyawan, perlu selalu ditingkatkan dan dikembangkan.

Sebagai lembaga pendidikan, kita mempunyai peran yang sangat strategis. Peran untuk menyebarkan dan mengembangkan  ilmu pengetahuan, keterampilan, kepribadian, serta budi pekerti para mahasiswa sebagai calon-calon intelektual yang akan berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, komitmen dan kemampuan kita sebagai dosen dan karyawan, harus selalu disegarkan dan ditingkatkan agar dapat mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi seperti  perkembangan teknologi serta kecenderungan globalisasi, sehingga eksistensi kita sebagai suatu lembaga pendidikan tinggi dapat terus kita pertahankan.

Kepada para mahasiswa kami harapkan upaya yang sungguh-sungguh agar dapat menyelesaikan pendidikan di IISIP Jakarta ini dengan hasil yang baik dan dalam waktu singkat. Untuk itu aturlah waktu belajar dan waktu untuk kegiatan-kegiatan lain dengan sebaik-baiknya. Bangsa ini menantikan dan membutuhkan kalian. Bangsa dan Negara ini dapat lebih maju, lebih sejahtera, dan lebih berkeadilan sosial lagi bila kalian sebagai generasi penerus, yaitu  generasi yang akan menggantikan generasi yang sekarang memimpin, mempunyai kualitas yang lebih baik, iman dan takwa yang lebih baik, serta sikap juang yang lebih gigih.

 

Bapak/Ibu Dosen dan Karyawan serta

Anak-anakku mahasiswa  IISIP Jakarta yang kami cintai,

 

Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai jasa-jasa pahlawannya. Perwujudan nya dapat kita lakukan dengan meneruskan perjuangan mereka agar cita-cita proklamasi dapat kita realisir setahap demi setahap. Dalam kesempatan yang sangat baik ini, kami mengajak saudara-saudara sekalian untuk memberikan pengabdian terbaik kita kepada bangsa dan negara kita tercinta ini sesuai dengan bidang tugas kita masing-masing.

Semoga Allah SWT membalas jasa para pahlawan kita dengan balasan yang berlipat ganda. Aaamiiin YRA.

 

Dirgahayu ke-72 Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !

 

Demikian sambutan kami.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Jakarta, 17 Agustus 2017

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Rektor

ttd.

Ir. Ilham P. Hutasuhut, MM.